Pj Bupati Pringsewu Resmikan Pompa Irigasi Berbasis PLTS

Pringsewu, WartaEtika (Lampung) – Penjabat (Pj.) Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan meresmikan Pompa Irigasi berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Senin (28/10/2024).

Pompa Irigasi berbasis PLTS ini merupakan bantuan dari PT. Bukit Asam (PTBA) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Pompa tersebut menggunakan 40 unit panel surya, masing-masing berdaya 585 WP, yang dapat menghasilkan daya listrik sebesar 23 Kw, dengan 1 unit pompa berdaya 18,5 Kw, dan 1 unit inverter berdaya 23 Kw, yang akan menjadi aset pekon setempat.

Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan mengatakan bantuan pompa irigasi tersebut merupakan bukti nyata komitmen untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air untuk pertanian, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus membantu swasembada pangan di Provinsi Lampung

“Dengan memanfaatkan energi surya, kita telah mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan sekaligus mengurangi dampak lingkungan. Hal ini sejalan dengan upaya membangun Pringsewu yang hijau dan lestari,” ujarnya.

Dikatakan pula oleh Pj.Bupati Pringsewu, bahwa pada 2023 lalu, Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu telah membangun Bendung Lugusari sebagai penampung air. Hal ini menurutnya sejalan dengan pembangunan pompa irigasi ini. Ia berharap dengan beroperasinya kedua fasilitas tersebut akan menciptakan sistem irigasi yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Turut hadir pada kesempatan itu, jajaran PT.Bukit Asam (PTBA) Tbk, Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji-Sekampung (BBWSMS), Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, serta jajaran pemerintah daerah, DPRD dan forkopimda Kabupaten Pringsewu.(Adi)

 184 total views,  217 views today

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *