Perda Pondok Pesantren, Hadiah Istimewa di Hari Santri 2024 Lampung

Lampung, WartaEtika – Peraturan Daerah (Perda) tentang Pondok Pesantren disebut sebagai “hadiah istimewa” bagi masyarakat khususnya Pondok Pesantren Provinsi Lampung di Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Hal ini disampaikan oleh Pj. Gubernur Lampung, Dr. Samsudin, SH, MH, M.Pd., sesaat sebelum melepas kegiatan Jalan Sehat Sarungan dalam rangka peringatan Hari Santri 2024 yang berlangsung di Komplek Kantor Gubernur Lampung, Minggu (22/10).

Gubernur Samsudin menyerahkan langsung dokumen Perda Pondok Pesantren kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo, yang juga menjabat sebagai Ketua PWNU Lampung. Dalam sambutannya, Samsudin menyampaikan bahwa Perda ini merupakan kado istimewa untuk seluruh santri di Provinsi Lampung, sekaligus sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis agama.

Gubernur menegaskan, dengan diterbitkannya Perda Pondok Pesantren, diharapkan Kementerian Agama, PWNU, dan seluruh pondok pesantren di Lampung segera menyusun konsep Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai tindak lanjut dari peraturan daerah tersebut. “Sinergi antarinstansi sangat penting untuk memastikan implementasi Perda Pondok Pesantren ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Samsudin.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo, mengapresiasi langkah Pemerintah dalam pengesahan Perda tersebut dan berkomitmen untuk segera menyosialisasikan Perda Pondok Pesantren ke seluruh kabupaten/kota di Lampung.

“Kami akan mengadakan diseminasi yang menyeluruh agar seluruh pihak, terutama pondok pesantren, memahami betul hak dan kewajiban mereka dalam rangka memajukan pesantren di Lampung,” kata Puji Raharjo. Ia berharap Perda ini mampu memperkuat pondok pesantren di Lampung dalam menjalankan misi pendidikan dan dakwah.

“Perda ini memberi dasar hukum yang lebih kuat bagi pondok pesantren untuk berkembang dan bersinergi dengan pemerintah dalam membangun masyarakat yang berkarakter dan berakhlak mulia,” tambahnya.

Acara Jalan Sehat Sarungan ini diikuti lebih dari 8.000 peserta dari berbagai unsur, seperti jajaran pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, santri pondok pesantren, madrasah, dan masyarakat umum.

Diselenggarakan atas kerja sama PWNU, Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Lampung, dan Forum Pondok Pesantren Provinsi Lampung, acara ini semakin meriah dengan berbagai hadiah menarik. Hadiah utama yang disediakan antara lain tiga paket umroh, sepeda motor, televisi, serta beragam hadiah menarik lainnya, menambah semangat para peserta yang turut merayakan Hari Santri tahun ini.(*)

 230 total views,  144 views today

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *