TNI-Polri Kolaborasi Wujudkan Posyandu ILP di Trenggalek

Trenggalek, WartaEtika (Jatim) – Sebagai wujud nyata dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, Puskesmas Trenggalek dengan penuh komitmen meluncurkan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) di Posyandu Balita Teratai, RT 18 RW 06, Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Senin (9/9/2024). Kegiatan penting ini mendapat perhatian luas, dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari pemerintah daerah hingga tokoh masyarakat, yang bersama-sama bertekad memajukan kesehatan masyarakat.

Kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Camat Trenggalek Drs. Kiki Wahyu Rezeki, Kepala Puskesmas Trenggalek dr. Murti Rukiyandari, Ketua TP PKK Kecamatan Trenggalek Ibu Purwandari, Lurah Ngantru Bambang Wusprapto, S.H., serta Babinsa Kelurahan Ngantru Serka Suprianto dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngantru Briptu Wiratama Aji Kuncoro, S.H., memperlihatkan betapa besar dukungan terhadap program ini. Lebih dari itu, partisipasi aktif tenaga kesehatan, kader Posyandu, serta masyarakat setempat menandai awal transformasi layanan kesehatan yang lebih baik dan terintegrasi.

Program Posyandu ILP, inisiasi visioner dari Puskesmas Trenggalek, tidak hanya hadir untuk meningkatkan kesehatan anak-anak, tetapi juga merangkul para lansia. Dengan konsep pelayanan kesehatan yang menyeluruh, Posyandu ILP memprioritaskan akses kesehatan bagi semua usia, mulai dari bayi hingga lansia, menjadikannya fondasi penting untuk kesejahteraan masyarakat.

Babinsa Kelurahan Ngantru, Serka Suprianto, secara khusus mengapresiasi peluncuran program ini. Ia menegaskan, “Program ini merupakan langkah penting dalam memperkuat layanan kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang paling rentan terutama bayi hingga lansia. Kami di TNI berkomitmen untuk terus mendukung program kesehatan di Kelurahan Ngantru, karena ini sangat penting bagi kesejahteraan bersama”.

Kehadiran aparat TNI dan Polri, termasuk Serka Suprianto dan Briptu Wiratama Aji Kuncoro, memastikan keamanan dan kelancaran jalannya acara ini. Lebih dari sekadar menjaga ketertiban, mereka juga menegaskan dedikasi dalam mensukseskan setiap program yang berdampak positif bagi masyarakat.

Dr. Murti Rukiyandari, Kepala Puskesmas Trenggalek, menjelaskan bahwa tujuan utama dari Posyandu ILP adalah untuk memperkuat layanan kesehatan di tingkat lokal dengan menyatukan berbagai tingkat pelayanan dalam satu sistem terpadu. “Kami sangat yakin bahwa program ini akan membawa dampak positif yang signifikan, meningkatkan kualitas hidup warga Kelurahan Ngantru, dan memberikan solusi pelayanan kesehatan yang menyeluruh dari bayi hingga lansia,” ujarnya.

Kegiatan ini ditutup dengan pemeriksaan kesehatan untuk anak-anak dan lansia, serta pembagian informasi kesehatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, menandai langkah baru menuju layanan kesehatan lokal yang lebih baik.

Peluncuran ILP menjadi bukti kuat bahwa Trenggalek semakin berkomitmen dalam memperbaiki infrastruktur kesehatan, berkat dukungan penuh dari pemerintah, institusi kesehatan, dan aparat keamanan. Kolaborasi erat ini tidak hanya memastikan keberhasilan jangka panjang program ini, tetapi juga membawa manfaat nyata bagi seluruh warga Kelurahan Ngantru guna menciptakan masa depan kesehatan yang lebih cerah.(*)

 168 total views,  4 views today

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *