Cegah PMK, Babinsa Rejomulyo Dampingi Petugas DKPP Lakukan Vaksinasi.

Madiun, Warta etika – Penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD), jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A yakni Aphtaee epizootecae. Masa inkubasi dari penyakit ini 1-14 hari, yakni masa sejak hewan tertular penyakit hingga timbul gejala penyakit.

Virus ini dapat bertahan lama di lingkungan dan bertahan hidup pada tulang, kelenjar, susu, serta produk susu. Angka kesakitan ini busa mencapai 100% dan angka kematian tinggi ada pada hewan muda atau anak-anak.

Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, Babinsa Kel. Rejomulyo, Koramil 15/Kartoharjo Serma Budi mendampingi petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Madiun melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak.

Drh. Lailatun Nafisah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Madiun, menjelaskan vaksinasi booster PMK pada hewan ternak ini menggunakan vaksin merk Aftosa produksi Argentina, dengan dosis penyuntikan 2 ml per ekor pada hewan sapi dan 1 ml per ekor pada hewan kambing.

Selanjutnya, kata dia, vaksinasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah penularan PMK pada hewan ternak.

“Selain vaksinasi upaya menjaga kebersihan kandang atau sanitasi kandang, peningkatan biosecurity dan pemeliharaan ternak dengan baik merupakan upaya yang juga harus dilakukan oleh peternak. Jangan hanya mengandalkan upaya vaksinasi semata, karena vaksinasi bukan satu-satunya cara mempertahankan ternak bebas PMK,” jelasnya.

Senada Serma Budi juga menyampaikan himbauan kepada pemilik dan pengelola peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang. “Secara berkala penyemprotan disinfektan perlu dilakukan, dan kebersihan kandang juga harus diperhatikan,” imbuhnya.

“Pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan juga perlu dilakukan, bila ada sapi yang terindikasi sakit, agar sesegera mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” pungkasnya.

Diketahui hari ini sebanyak 44 ekor kambing telah berhasil divaksinasi oleh petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Madiun dengan didampingi Babinsa setempat.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *